Rabu, 14 Maret 2012


MENJELASKAN STRATEGI PEMBELAJARAN TEMATIK
MERANCANG STRATEGI PEMBELAJARAN TEMATIK

Di susun untuk memenuhi tugas mata kuliah”pembelajaran tematik



Di susun oleh 


NURFAUZANA NIM          210609025

Dosen pengampu
KURNIA HIDAYATI M,Pd


JURUSAN TARBIYAH
PRODI PGMI

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
STAIN PONOROGO
2012



BAB I
PENDAHULUAN

A.        Latar Belakang
Pembelajaran di PAUD memiliki ciri yang khas. Pembelajaran di PAUD tersebut tidak dilaksanakan secara terpisah untuk setiap bidang pengembangan tetapi disajikan secara terpadu dan menyeluruh dan sebagaimana karakteristik berpikir anak yang masih bersifat holistik, artinya anak masih melihat segala sesuatu secara keseluruhan, tidak terpisah-pisah dan belum terfokus pada unsur-unsur tertentu.
Untuk dapat melaksanakan pembelajaran secara terpadu di PAUD, guru harus memerlukan bekal dan wawasan yang memadai tentang pendekatan pembelajaran tersebut. Hal ini penting karena di lapangan masih terdapat berbagai perbedaan penafsiran dalam mendefinisikan dan menerapkan pendekatan pembelajaran terpadu. Selain  itu, masih banyak guru PAUD yang belum memahami bahwa pembelajaran berdasarkan tema yang saat ini sudah berlangsung di PAUD pada dasarnya merupakan bagian dari model pembelajaran terpadu.


RUMUSAN MASALAH
1.      Menjelaskan strategi pembelajaran tematik!
2.      Merancang strategi pembelajaran tematik!



BAB II
PEMBAHASAN
A.Pengertian pembelajaran tematik
Pembelajaan tematik adalah pembelajaran tepadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat  memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Tema adalah pokok pikiran atau gagasan pokok yang menjadi pokok pembicaraan.
Dengan tema diharapkan akan  memberikan banyak keuntungan, di antaranya:
1)  Siswa mudah memusatkan perhatian pada suatu tema tertentu,
2) Siswa mampu mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar matapelajaran dalam tema yang sama;
3) pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan;
4) kompetensi dasar dapat dikembangkan lebih baik dengan mengkaitkan matapelajaran lain dengan pengalaman pribadi siswa;
5) Siswa mampu lebih merasakan manfaat dan makna belajar karena materi disajikan dalam konteks tema yang jelas;
6) Siswa lebih bergairah belajar karena dapat  berkomunikasi dalam situasi nyata, untuk mengembangkan suatu kemampuan dalam satu mata pelajaran sekaligus mempelajari matapelajaran lain;
7) guru dapat menghemat waktu karena mata pelajaran yang disajikan secara tematik dapat dipersiapkaan sekaligus dan diberikan dalam dua atau tiga pertemuan,  waktu selebihnya dapat digunakan untuk kegiatan remedial, pemantapan, atau pengayaan.
Arti Penting Pembelajaran Tematik
Pembelajaran tematik lebih menekankan pada keterlibatan siswa dalam proses belajar secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dan  terlatih untuk dapat  menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang dipelajarinya. Melalui pengalaman langsung  siswa akan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari dan menghubungkannya dengan konsep lain yang telah dipahaminya
B.Merancang strategi Pembelajaran Tematik
Pembelajaran tematik memerlukan perencanaan dan pengorganisasian agar dapat berhasil dengan baik. Ada lima hal yang perlu diperhatikan dalam merancang pembelajaran tematik, yaitu (1) memilih tema, (2) mengorganisir tema, (3) mengumpulkan bahan dan sumber, (4) merancang kegiatan dan proyek, dan (5) mengimplementasikan satuan pelajaran.
   RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
 Rancangan pelaksanaan pembelajaran tematik terdapat empat komponen utama, yaitu:
1.Waktu
Menghitung jumlah waktu yang digunakan oleh pengajar, penting artinya bagi pengajar sendiri dalam mengelola kegiatan pembelajaran. Ia harus dapat membagi waktu untuk setiap langkah dalam pendahuluan, penyajian, dan penutup.
2.Urutan kegiatan pembelajaran
Urutan kegiatan pembelajaran terdiri atas komponen pendahuluan, inti dan penutup. Pada pendahuluan terdapat penjelasan singkat tentang isi pembelajaran, penjelasan relevansi isi pembelajaran baru dengan pengetahuan, dan penjelasan tentang tujuan pembelajaran. Untuk kegiatan inti atau penyajian terdapat tiga pengertian yaitu penyajian uraian, pemberian contoh dan latihan. Sedangkan pada kegiatan penutup dilaksanakan dengan langkah menyimpulkan, tes format (lisan atau tulisan) umpan balik dan tindak lanjut
3. Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran berfumgsi sebagai cara dalam menyajikan (menguraikan, member contoh, memberi latihan) isi pelajaran kepada siswa untuk mencapai tujuan tertentu. Untuk merancang strategi pembelajaran tematik, pengembang harus memilih metode untuk setiap tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

4. Media/ bahan Pembelajaran
Media adalah alat yang digunakan untuk menyalurkan pesan atau informasi dari pengirim ke penerima pesan. Dalam proses pemilihan media pembelajaran, pengembang dapat mengidentifikasi beberapa media yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, mempertimbangkan biaya yang diperlukan, kesesuaian dengan metode pembelajaran, kesesuaian dengan karakter siswa, dan pertimbangan praktis.
Sebagai gambaran rancangan strategi pembelajaran tematik, dapat dijelaskan bahwa strategi pembelajaran berkenaan dengan pendekatan pengajaran dalam mengelola kegiatan pembelajaran secara sistematik sehingga isi pelajaran dapat dikuasai oleh siswa secara efektif dan efisien.
DAFTAR PUSTAKA








Tidak ada komentar:

Posting Komentar